Pengertian, Jenis, Kadar/ Karat Emas

Emas adalah unsur kimia dlm tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi (trivalen dan univalen) yang lembek, mengkilap, kuning, berat, "malleable", dan "ductile". Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tapi terserang oleh klorin, fluorin dan aqua regia. Logam ini banyak terdapat di nugget emas atau serbuk di bebatuan dan di deposit alluvial dan salah satu logam coinage. Kode ISOnya adalah XAU. Emas melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1000 derajat celcius.
Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Mineral pembawa emas biasanya berasosiasi dengan mineral ikutan (gangue minerals). Mineral ikutan tersebut umumnya kuarsa, karbonat, turmalin, flourpar, dan sejumlah kecil mineral non logam. Mineral pembawa emas juga berasosiasi dengan endapan sulfida yang telah teroksidasi. Mineral pembawa emas terdiri dari emas nativ, elektrum, emas telurida, sejumlah paduan dan senyawa emas dengan unsur-unsur belerang, antimon, dan selenium. Elektrum sebenarnya jenis lain dari emas nativ, hanya kandungan perak di dalamnya >20%.
Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan menjadi dua yaitu:
  • Endapan primer; dan
  • Endapan plaser.
Emas digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara dan juga digunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Penggunaan emas dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai moneter absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia, meskipun secara resmi di bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan dalam mata uang dolar Amerika. Bentuk penggunaan emas dalam bidang moneter lazimnya berupa bulion atau batangan emas dalam berbagai satuan berat gram sampai kilogram.

Jenis Emas

1. Emas perhiasan

Emas perhiasan merupakan jenis emas yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kalung, gelang, cincin, anting, liontin, tiara, dan lain-lain. Bila Anda berinvestasi untuk jangka pendek, sebaiknya jangan memilih emas perhiasan. Sebab, biasanya akan sulit untuk mendapatkan keuntungan.
Untuk setiap pembelian emas perhiasan, selain dikenakan harga emas yang dihitung berdasarkan berat dan karatnya, Anda juga akan dibebani biaya pengolahan emas menjadi perhiasan. Ketika Anda menjual kembali emas tersebut, toko biasanya tidak mau membayar ongkos pembuatan perhiasan itu.
2. Emas batangan

Investasi emas yang cukup baik adalah dalam bentuk batangan (emas lantakan). Di Indonesia, emas batangan yang cukup terkenal adalah emas bermerek Logam Mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Antam) dengan kadar emas 99,99 persen. Sebagai tanda keaslian, Anda akan mendapatkan sertifikat emas yang dibubuhi nomor seri, sesuai dengan nomor seri yang terukir pada emas batangan.
Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali.
Beberapa jenis Emas batangan yang umum dijual di toko emas di Indonesia:
  • Emas Antam atau Emas LM (Logam Mulia) , Emas ini bersertifikat dari PT Aneka Tambang , harga emas batangan Antam / LM ini lebih mahal dari emas batangan lainnya karena bersertifikat. Emas jenis ini juga terdapat cap LM pada batangnya, dan tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.
  • Emas London , yaitu emas batangan dari luar negeri , dan pecahan umumnya adalah per 1 kg. Ciri emas london ini terdapat cap perusahaan pada batangnya.
  • Emas Lokal , yaitu emas batangan yang tidak terdapat cap perusahaan ataupun sertifikat, dan biasanya ada yang bentuknya lonjong sedikit penyok. Emas Lokal tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.
3. Koin emas

Koin emas adalah jenis emas yang berbentuk koin. Di Indonesia, ada dua jenis koin emas yang paling dikenal masyarakat, yaitu koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin dinar emas.
Koin emas ONH dimaksudkan sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menabung sebagai persiapan untuk naik haji. Koin emas ONH bisa menjadi semacam garansi bagi orang-orang agar selamat dari inflasi, karena harga emas dipastikan ikut naik.

4. Emas Granule

Emas granule adalah emas yang berbentuk butiran-butiran. Emas ini jarang ditemui karena emas granule mungkin hanya dimiliki toko-toko emas atau para pengrajin emas. Karena sifat emas yang dapat dilebur tanpa mengubah nilainya, emas granule dapat di lebur untuk dijadikan berbagai macam jenis perhiasan emas.
5. Emas secara Online

Yaitu pembelian emas dengan melalui media Online atau Pialang, atau biasa disebut Trading Online. Biasanya emas seperti ini memanfaatkan margin, options ataupun metode lainnya.

KADAR EMAS

  • 24 karat (99.99%) , atau ada pula Emas Lokal (99.7%)
  • 22 karat (91.6% emas) , emas dicampur logam lain 8.3% (biasanya perak)
  • 21 karat (87.5% emas)
  • 20 karat (83.3% emas)
  • 18 carat ( 75.0% emas) , biasanya untuk cincin
  • 14 karat ( 58.5% emas)
  • 10 carat ( 41.7% emas)
  • 9 carat (37.5% emas)
Karat adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Emas dikenal sebagai logam yang langka dan memiliki sifat unik. Warna nya yang berkilau juga dipersepsikan orang sebagai jaman dahulu sangat bernilai dan digunakan sebagai alat pertukaran. Mengacu kepada sifat uniknya, logam emas yang memiliki kadar kemurnian semakin tinggi akan semakin lunak logam nya. Oleh karena sifat logam yang terlalu lunak ini maka agak sulit bagi pengrajin untuk mempertahankan durabilitas barang tersebut ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu emas harus dicampur oleh logam lain seperti perak, tembaga dan logam lain sehingga menghasilkan perhiasan emas yang memiliki durabilitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari.
Di Indonesia memang belum jelas penentuan dan patokan hubungan karat dengan kadar kandungan emas. Hampir setiap toko emas berbeda-beda mengenai karat ini. Terutama toko emas yang berbeda daerah. Misal antara di Jakarta dengan di Jawa Tengah dapat terjadi perbedaan penafsiran karat (kemurnian emas). Disatu toko kadar emas 22 karat sekitar 80%, namun di toko lain emas 22 karat hanya berkadar 70%. Untuk mengenal emas, kita terlebih dahulu mengenal istilah " kadar " dalam emas. Kadar merupakan tingkat keaslian emas, atau jumlah kandungan kemurnian emas. Kadar emas dinyatakan dalam "karat". Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Jadi bila emas kadar 22 karat dengan berat 15 gram maka kandungan emas murninya = 22/24 x 15 = 13.75 Gram. Untuk mempermudah, sudah tersedia tetapan untuk menentukan karat berdasar kadarnya. Menurut SNI (Standart Nasional Indonesia) - No : SNI 13-3487-2005 standard karat sbb: Karat Kadar emas





  • 24 K = 99,00 - 99,99%
  • 23 K = 94,80 - 98,89%
  • 22 K = 90,60 - 94,79%
  • 21 K = 86,50 - 90,59%
  • 20 K = 82,30 - 86,49%
  • 19 K = 78,20 - 82,29%
  • 18 K = 75,40 - 78,19%

  • Emas 22 karat seharusnya mempunyai kadar sekitar 90.6% sampai 94.79%. Namun ternyata pada prakteknya ketentuan ini tidak digunakan. Seringkali toko emas memiliki ketentuan sendiri yang tidak mengacu pada SNI. Emas dengan kandungan 80% dapat diklaim sebagai emas 22 karat. Emas 20 karat di Indonesia mungkin memiliki kandungan emas yang sama dengan emas 18 karat di luar negeri. Karena itu janganlah terpaku pada karat. Namun perhatikan kadar kandungan emasnya. Jika anda ingin membeli emas, jangan ragu tanyakan berapa kadarnya dalam %. Karena sesungguhnya yang menjadi patokan harga adalah kandungan kadar emas dalam perhiasan. Semakin tinggi kadar emas dalam perhiasan, akan semakin tinggi pula harganya.

    Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menguji kemurnian emas.
    • Dengan Uji Gosok pada Batu, kemudian ditetesi Zat Kimia. Air uji yang digunakan adalah Asam Nitrat, Asam Klorida, Dan Campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia).
    • Pengujian dengan Gold Tester, Yaitu alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan, alat ini mudah digunakan namun tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya.
    • Pengujian dengan berat jenis, setiap benda mempunyai berat jenis atau SG (specific gravity). Emas dapat dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya. Berat jenis adalah Masa Zat itu dibagi Volumenya.
    Prosedur pemeriksaan dengan berat jenis adalah pertama kita tentukan berat emas kering ( ditimbang diatas timbangan ), kemudian kita tentukan berat emas jika ditimbang dalam air ( Berat Basah). Berat kering - Berat Basah = Volume. Jadi Berat jenis = berat kering/(berat kering-berat basah). Setelah kita tahu Berat jenisnya kita tinggal lihat tabel untuk mengetahui karatasenya.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    AD/ART (1) Ada-ada saja (7) air kencing sapi (1) Air Limbah Tahu untuk Minum Sapi (1) akik pacitan (1) alasan beternak sapi (1) Alat bio gas (1) alat pengolah pupuk organik (1) Alexa Rank (3) Alexanderite (15) Amethyse Kecubung (7) amethyst (2) Analisa usaha ternak lele (1) Android (8) Anggaran Dasar (1) Anggaran Dasar KT Gotong Royong (1) Anggaran Rumah Tangga (1) Anggaran Rumh Tangga Gotong Royong (1) Aplikasi Android (13) APPO (1) Aquamarine (5) Artikel (37) Ayam Aduan (2) ayam kampung (1) Babat Tanah Madura (3) Bacan (5) badar besi (2) Bandung (1) BANJARMASIN (1) Bansos (2) bantuan Gubernur (2) bantuan kambing (1) bantuan traktor (1) batu (12) batu akik (12) Batu Akik Super (7) batu asal indonesia (1) Batu asli (1) Batu bacan (1) batu bulu macan (1) batu combong (1) Batu Crystal (2) batu gambar (3) batu giok (1) batu giok indonesia (1) batu jala sutra (2) Batu Langka (3) Batu Misteri (2) Batu mulia (50) batu mulia berdasarkan bulan kelahiran (1) Batu Mustika (2) batu natural (1) batu permata (112) batu pirus (2) batu sinteis (1) batu sintetis (2) batu unik (1) batu zamrud (1) bayam (1) beder lumut (1) Bekasi (1) bekicot (1) bekicot untuk pakan ternak (1) Belanja (10) belut (5) Belut dan Kebiasaan Hidupnya di Alam (1) Benda Mulia (12) Berita (67) Berita Informasi (4) Berita Madura (92) Berkebun (3) berlian (1) Bibit Itik Pedaging Unggulan Lokal (1) bintatang lucu (1) Bisnis (2) black diamond (1) Black Opal (40) black shappire (1) Blitar (1) Blog (4) Blogging (2) blu shapire (2) blue shappire (1) Blue Opal (1) Bogor (1) Buat ktp (5) budidaya bekicot (1) budidaya belut (3) budidaya belut air bersih (1) budidaya belut tanpa lumpur (1) budidaya cacing sutera (1) budidaya gurame (1) budidaya gurami (2) budidaya ikan cupang (1) budidaya ikan koi (1) budidaya kambing (1) budidaya kelinci (1) budidaya klangrang (1) Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha (1) budidaya kroto (9) budidaya lele (1) Budidaya lele sangkurian (1) Budidaya lele sangkurian dengan kolam terpal (1) budidaya lobster air tawar (1) Budidaya Lobster Air Tawar sebagai Udang Konsumsi dan Udang Hias (1) budidaya rang-rang (1) budidaya rangrang (3) budidaya sapi (2) budidaya semut rangrang (5) budidaya sidat (1) bulu macan (2) Bulu Macan Super (1) Bursa Calon Kepala Desa Tambaharjo 2013 (1) cakra (1) Calon Kades Tambaharjo (1) cantik (1) cara beternak ayam buras (1) cara beternak ayam kampung (1) cara beternak belut (1) cara beternak jangkrik (1) cara beternak kroto (1) cara beternak sapi (1) cara budidaya kroto (1) cara memakai batu permata (1) cara membuat fermentsi jerami (1) Cara Membuat Fungisida Organik (1) Cara Membuat Insektisida Organik (1) Cara Membuat Kripik Bayem (1) Cara Memelihara Ayam Ketawa (3) Cara Memelihara Ayam Serama (8) Cara Memilih Ayam Serama (5) cara mengatasi mahalnya pakan lele (1) Cara Mengatasi Penyakit Ayam Serama (3) cara mengatasi penyakit sapi (1) cara mengolah limbah sapi (1) Cara Menguji batu permata (1) cara mengukur cincin (1) Cara Merapikan Jengger Ayam Serama (1) Cara Merawat dan Memelihara Semut Rangrang pada Sarang Toples (1) cara merawat kucing (5) Cara Pembuatan Kompos (1) cara pembuatan pupuk dari urin sapi (1) cara pembuatan pupuk organik (1) cara pemijahan ikan cupang (1) Cara Pemliharaan Telur Serama (2) cara ternak kroto rangrang (1) Cat's Eye (17) cerpen (2) certification (1) Chalcedony (1) Change Colour (17) Cincin (14) Citrine (2) corundum (6) Depok (1) Desa Tambaharjo (2) Diamond (11) DKI Jakarta (1) Emerald Zamrud (9) energi (1) fermentasi jerami (1) FIVE (58) Follower (1) fossil (1) fungisida (1) Gadget (6) Game (1) gemologist (1) Gems Lab report (2) Gemstone (1) Genetically Modified Grass Kills Cattle by Producing Warfare Chemical Cyanide (1) Gotong Royong (1) Guest Book (1) gurame (3) Gurami (5) Harga Batu Mulia (8) harga bbm naik (1) Herbal (5) Hiburan (6) Hobi Batu Mulia (3) Hoby (5) Home Industry (1) htthttp://www.blogger.com/img/blank.gifp://wwhttp://www.blogger.com/img/blank.gifw.blogger.com/img/blank.gif (1) ikan cupang (1) ikan koi (1) Ikan sidat (1) indonesia (1) Info (28) Info Blogging (77) Informasi (37) insektisida (1) INTAN (1) Internet (4) iolite (1) iritasi (1) Istilah batu mulia (1) ITIK PMp : Bibit Itik Pedaging Unggulan Lokal (1) Jade Giok (14) Jadwal Pilkades Kabupaten Kebumen Tahap I 2013 (1) Jadwal Pilkades Tahap I Kabupaten Kebumen 2013 (1) Jadwal Pilkades Tahap II Kabupaten Kebumen 2013 (1) Jadwal Pilkades Tahap III Kabupaten Kebumen 2013 (1) Jadwal Pilkades Tahap IV Kabupaten Kebumen 2013 (1) jalan industri (1) Jamu Ayam Aduan / Ayam Jgo (1) jangkrik (1) Jaringan irigasi perdesaan (1) Jaringan Komputer (1) Jelajah Madura (8) jenis enas (1) jenis sapi (1) jerami (1) JIDES (1) jual bibit tanaman berkualitas (1) kadar emas (1) kalimaya (1) kalung (1) kambing (2) Kami Peduli Kawan ( KPK ) (1) kandang (1) Kandang Ayam Serama (1) kandang kucing (2) kandang sapi (1) karat emas (1) Kasih sayang (1) Kata (5) KBR (1) keajaiban alam (1) Kebumen (4) kecubung (1) kegiatan pengembangan pusat perbibitan ternak pedesaan (1) Kekerasan Batu Mulia (2) Kelapa (1) Kelas Batu Mulia (1) Kelebihan Pupuk Organik Cair (1) Kelinci (1) kemajiran sapi (1) Kemangi (1) kembang turi (1) kemurnian emas (1) keripik bayam (1) kesabaran (1) kesehatan (4) khasiat batu giok (1) Khasiat batu permata (3) koi (2) kolam budidaya nila (1) kolam gurame (1) kolam terpal (1) koleksi langka (1) kontak info (1) kotoran sapi (2) kotoran ternak (1) Kotoran Ternak yang Masih Baru Jangan Langsung Digunakan (1) kredit usaha pembibitan sapi (1) Kripik Bayem yang Lezat Gurih dan Bergizi (1) kroto (12) kucing (3) kucing betina (1) kucing jantan (1) kucing persia (1) Kuliner (3) Kuliner Madura (3) KUPS (1) kutu air (1) Kutu Air sebagai Pakan Benih Ikan (1) Laboratorium Batu Mulia (1) Langka (1) langkah awal ternak kroto (1) Lapis Lazuli (1) Lebaran (1) leher (1) Lelang (7) lele (5) lele sangkuriang (1) limbah tahu (1) lingkungan hidup (1) Link Exchange (1) liontin (1) Lirik Lagu (1) Lobster (5) lobster air tawar (2) Lobster air tawar dan Peluang Usahanya (1) lowongan kerja juni (1) Lumuik Sungai Dareh (1) makanan kucing (2) makanan semut rangrang (2) manfaat belut untuk kesehatan (1) Manfaat daun kemangi (1) Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan (1) Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan (1) manfaat kelapa (1) manfaat kotoran sapi (1) manfaat limbah sapi (1) manfaat mengkudu (2) manfaat pohon kelapa (1) Manfaat turi (1) mani gajah (2) manusia (1) mata kucing (1) membuat bio gas (1) menentukan ukuran cincin (1) mengapa memilih budidaya gurami (1) mengenal lele lebih dekat (1) Mengenal Sejarah Ayam Serama (1) Mengkudu (2) Mengkudu Dapat Mengobati Beberapa Macam Penyakit termasuk kangker (1) merawat (1) Merawat Ayam Serama Lanjut Usia (1) merawat kucing (4) meteor (1) Moonstone (4) Moulting atau Pergantian Kulit pada Lobster Air Tawar (1) muhammad (1) Mulia (10) Multi Remote (2) Music (1) Musik (2) Mustika (11) News (49) nilai gizi belut (1) Obat Bubul Pada Ayam Aduan | Ayam Jgo (1) obat herbal (1) obsidian (1) Opal (67) Opal Kalimaya (6) orange shappire (1) organik (1) Otomotif (1) Padparadscha (23) Pakan Gurame murah (1) Pakan gurami (1) pakan ikan (1) pakan lele (2) pakan lele murah (3) Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan (1) pakan sapi (1) Pakan ternak murah (1) pasar batu mulia (10) pedoman teknis budidaya bekicot (1) peluang bisnis (1) Pembenihan Ikan Nila (1) pembibitan sapi (1) pembuatan ikat batu mulia (5) pemilu 2014 (2) Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa Ditutup 17 Mei 2013 (1) Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa Tambaharjo (1) pengasahan batu mulia (9) pengembangan usaha agribisnis pedesaan (1) Pengembangan usaha mina pedesaan (1) penggemukan sapi (2) Pengumuman Pilkades Desa Tambaharjo 2013 (1) Penilaian Ayam Serama (3) Penyakit reproduksi pada ternak (1) penyakit sapi (1) perang gaza (1) perikanan (16) Permata (11) Permata Indonesia (3) Permata Nusantara (2) permata super (7) Persiapan Pilkades Tambaharjo (1) Persyaratan Bakal Calon Kepala Desa Tambaharjo (1) Pertanian (11) peta (1) Peta Batu Mulia (1) Peternakan (31) pilkades (5) pilkades 2013 (2) Pilkades Tambaharjo (1) Pirus (18) pirus / turqouise (2) POC (2) pohon turi (1) pompa air (1) profil (20) Proposal (15) proposal alat pengolah pupuk organik (1) proposal bantuan budidaya kambing (1) Proposal bantuan kegiatan irigasi air permukaan (1) proposal bantuan unggas bebek (1) proposal bio gas (1) proposal jalan pertanian (1) proposal JITUT (1) proposal KBR (1) Proposal kebun bibit rakyat (1) Proposal Perikanan (1) proposal pertanian (2) proposal pompa air (1) proposal PUMP (2) proposal smd. sarjana membangun desa (1) proposal traktor (1) proposal tunda jual (1) proposal VBC (1) proposal village breeding center (1) Prospek Cerah Budidaya Gurami (1) Prospek Cerah Budidaya Sidat (1) puap (1) Puisi (1) PUMP (2) pupuk organic (1) pupuk organik cair (3) Pupuk Organik dari Kotoran Sapi (1) pupuk veriensa (1) Pusaka (3) Pusaka Ampuh (1) Pusaka kamarogan (1) Quart (5) rahasia budidaya kroto (1) rangrang (2) Ratu (1) Ratu semut rangrang (1) rawa bening (1) Red Opal (2) Resep (1) Rose Quartz (1) Ruby Cutting (17) ruby madagascar (3) Ruby Star (67) safir (7) sahabat nabi (1) salam tiga jari (1) sapi (9) sapi majir (1) sapi potong (1) sapphire (7) Sapphire Cutting (35) Sapphire Star (53) sarang semut rangrang buatan (1) semut rangrang (10) SEO (11) Sepakbola Madura (17) sertifikasi (1) Sharing Tutorial (21) si kucing (1) sidat (2) sifat kucing (1) sifat-sifat bahan perak (1) Sirih (1) smd (1) Solo (1) sosialisasi pilkades tambaharjo 2013 (1) Special Madura (17) Spinel (3) standart ukuran cincin (1) Status Dan For Blogg (9) SUKABUMI (1) sungai dareh (1) Surat (1) surat perjanjian kerjasama gaduhan ternak (1) Tambaharjo (10) tanaman turi (1) Tangerang (1) Tapak jalak (1) teknik budidaya ayam kampung (1) teknik budidaya ikan cupang (1) Teknik Budidaya jangkrik (1) Teknologi (12) tekstite (1) telur gurame (1) Tempat Pusaka (1) ternak bekicot (1) ternak gurami (1) ternak kelinci (1) ternak kroto (10) ternak lele (1) ternak rangrang (3) ternak sapi (1) ternak semut rangrang (4) thailand (1) Tips (77) tips Android (7) tips dan trip (7) tips kesehatan (66) Tips Memelihara Ayam Ketawa (2) Tips ngeblog (6) tool (1) Topaz (3) topologi jaringan komputer (1) traktor (1) treatment batu mulia (1) Trik Komputer (1) turi (1) turi sumber tambahan penghasilan (1) Tutorial Blogg (74) Umum (1) Unik (11) Unik-nya Madura (16) unique agate (5) urin sapi (1) Urine Sapi (1) Urine Sapi untuk Obat Penyakit Manusia (1) Urine ternak (1) Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP (1) usia (1) usia pengembangbiakkan (1) vbc (1) Video (3) Vidio (1) Wawancara Bersama.. (2) White Opal (20) Yellow Opal (1) Yogyakarta (1) zamrud (6)